Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

2 Metode KB Alami yang Bisa Diterapkan

2 Metode KB Alami yang Bisa Diterapkan adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 3:30:00 AM oleh Unknown.

Metode KB alami dinilai lebih aman dan sehat bagi pasutri mengingat cara KB ini tidak menimbulkan efek samping. Sebagaimana diketahui, penggunaan alat kontrasepsi terkadang memberikan efek samping berupa obesitas, tidak hamil, menstruasi tidak berhenti, hingga efek samping lainnya yang berbeda pada masing-masing orang. Untuk itu, cara alami menjadi salah satu metode yang dapat ditempuh untuk bisa mengikuti program keluarga berencana namun tetap sehat. Setidaknya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan metode KB yang alami ini. 2 metode ini akan kami kupas dalam artikel ini sehingga akan mudah dipahami dan bisa Anda pilih sebagai alternatif untuk mengurangi risiko kehamilan saat berhubungan badan dengan pasangan sah. Simak.

Inilah 2 metode KB alami yang bisa Anda terapkan dengan mudah

Metode KB Alami yang Bisa Diterapkan

Pertama, metode kalender

Berbicara tentang KB yang alami tidak bisa dilepaskan dari metode kalender. Metode kalender ini difokuskan pada perhitungan masa subur dan tidak melakukan hubungan badan ketika masa subur tersebut datang. Perhitungan masa subur ini bisa dilihat dengan 3 cara mudah.

Kalender

Menghitung masa subur melalui kalender sering dilakukan oleh orang yang memiliki menstruasi yang teratur setiap bulan. Misalnya, perempuan dengan menstruasi per 28 hari sekali tergantung pada siklus menstruasi masing-masing perempuan. Biasanya, masa ovulasi atau masa subur terjadi saat 12 hingga 16 hari sebelum Anda mendapati menstruasi di bulan berikutnya. Salah satu sumber mengatakan bahwa masa subur dihitung saat hari pertama menstruasi bulan tersebut ditambah dengan 12. Misalnya, pada bulan Agustus, Anda menstruasi pertama kali tanggal 4, maka masa subur akan terjadi pada tanggal 4 + 12 = 16. Atau tanggal 16 dan akan terjadi selama sekitar 5 hari. Atau dengan kata lain, pada tanggal 16 hingga 20 Anda dan suami disarankan untuk tidak berhubungan intim. Ini merupakan cara KB alami yang sangat aman dan sehat.

Suhu tubuh

Penghitungan kalender bisa Anda hitung jika menstruasi Anda teratur. Jika tidak teratur, Anda bisa mengetahui masa subur dengan mengamati suhu tubuh. Orang yang sedang memasuki masa subur biasanya akan mengalami peningkatan suhu tubuh khususnya pada saat bangun tidur.

Lendir vagina

Cara lainnya adalah dengan mengamati elastisitas, bentuk, dan warna cairan lendir dari vagina. Cairan lendir biasanya akan berwarna bening, sangat elastis dan tidak mudah putus saat dipanjangkan dengan ibu jari dan telunjuk, kental, dan terasa lengket.

Kedua, metode menyusui


Salam sebuah sumber disebutkan bahwa ada metode KB yang dapat memberikan hasil sebanyak 98%. Adalah Amenore Laktasi, yakni saat ibumenyusui, ibu tidak akan haid dan ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu metode KB alami paling efektif. Sayangnya, KB ini hanya bertahan selama 6 bulan dan akan membutuhkan bantuan alat kontrasepsi atau KB lain jika sudah lewat masa itu.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 2 Metode KB Alami yang Bisa Diterapkan di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top