Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Tips dan Cara Mencegah Keguguran Secara Efektif

Tips dan Cara Mencegah Keguguran Secara Efektif adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 4:19:00 AM oleh Unknown.

Mencegah keguguran merupakan salah satu tips yang banyak dicari utamanya oleh ibu yang masih hamil muda. Sebagaimana diketahui, kehamilan yang usianya masih muda sangat rentan mengalami pendarahan bahkan keguguran. Masa kehamilan yang rentan dengan keguguran adalah trimester 1. Pada saat ini, ibu hamil harus ekstra hati-hati dalam menjaga kehamilannya dengan banyak cara. Cara-cara yang sehat tentu lebih aman bagi janin dan ibu hamil. Selain pada saat trimester pertama, orang yang pernah mengalami keguguran juga harus ekstra hati-hati saat hamil lagi. Sebab ada kasus yang mungkin terjadi dan sering disebut degan keguguran berulang. Kali ini, kami akan membagi tips mudah yang dapat membantu Anda mencegah terjadinya keguguran. Simak ulasannya berikut ini.

Inilah beberapa tips dan cara mencegah keguguran secara efektif

Mencegah Keguguran

Berhenti merokok dan tidak minum minuman keras

Jika Anda perokok aktif, berhentilah dari kegiatan satu ini. Selain itu, Anda juga harus menghentikan konsumsi minuman beralkohol. Rokok dan alkohol sangat tidak baik untuk bayi. Dalam hal ini, Anda juga disarankan untuk menjauhi perokok aktif yang sedang merokok.

Olahraga secara teratur

Meski sedang hamil, Anda tidak bisa meninggalkan rutinitas sehat ini. Olahraga selain akan membuat tubuh lebih sehat juga akan memberikan dampak positif pada otak dan pikiran Anda. Agar lebih segar dan fresh. Namun hindarilah olahraga berat. Cukup ambil olahraga ringan.

Hindari stres

Stres dapat memicu banyak masalah. Anda harus menghindari ini untuk mencegah keguguran. Sebaliknya, bebaskan pikiran Anda dan berpikirlah positif. Hindari berpikir terlalu keras dan akan membahayakan kondisi fisik Anda.

Atur berat badan

Meski setiap hari berat badan Anda mungkin akan bertambah, Anda tetap harus menjaganya. Ini khusus bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan. Obesitas dapat menjadi pemicu terjadinya keguguran maka harus dihindari.

Batasi kopi

Kopi masih bisa Anda konsumsi, tetapi jangan lebih dari 1 atau 2 cangkir sehari. Menghindari akan lebih baik.

Istirahat yang cukup

Pada saat hamil, terkadang rasa kantuk datang tanpa diduga. Kadang susah tidur, terkadang mengantuk berat. Saat Anda mulai mengantuk, langsung ambil waktu untuk tidur dan istirahat. Istirahat yang cukup adalah kunci Anda untuk mendapatkan tenaga prima dan menghindari keguguran.

Selektif terhadap suplemen dan obat

Banyak sekali obat, suplemen, suntikan, dan herbal yang bisa menjadi vitamin bagi ibu hamil. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, kenali dulu isi dari produk tersebut. Anda harus selektif dalam memilih produk-produk dan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda adalah tindakan yang baik.

Mengonsumsi makanan sehat

Ibu hamil memiliki kecenderungan yang berbeda-beda terhadap makanan. Ada yang senang dengan makanan, ada pula yang tidak mau makan, bahkan untuk mencium bau makanan pun enggan. Jika Anda adalah tipe yang tidak mau makan, maka carilah makanan yang beraroma segar dan bisa membangkitkan gairah untuk makan. Atau saat Anda tiba-tiba ingin makan, cukupkan gizi seimbang untuk tubuh dan janin yang sedang Anda kandung.

Hindari mengenakan pakaian ketat

Selama hamil, pakailah pakaian longgar dan hindari pakaian ketat.

Itulah tips mudah mencegah keguguran yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mencobanya sebagai cara awal menghindari keguguran.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Tips dan Cara Mencegah Keguguran Secara Efektif di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top